Laba Laba Terkecil Di Dunia Laba Laba Pelangi

Info Menarik – Ketika Laba Laba Pelangi merak jantan Australia mengibaskan pantatnya pada Anda, tidak mungkin untuk berpaling. Dalam persidangan pacaran, laba-laba badonkadonk berkilauan berkilau dengan semua warna pelangi, mencampuri cahaya tajam yang intens seperti stiker Lisa Frank yang hidup.

Laba Laba Terkecil Laba Laba Pelangi

Ilmuwan menyebut tontonan “pelangi terkecil di alam” – sebenarnya, tubuh Laba Laba Pelangi merak berukuran paling banyak 5 milimeter (0,2 inci) panjangnya, menurut sebuah makalah baru yang diterbitkan secara online di jurnal Nature Communications. Para periset juga mencatat bahwa tampilan mencolok adalah satu-satunya contoh yang diketahui tentang sifat jantan yang menyebarkan semua warna pelangi untuk menarik perhatian wanita selama masa pacaran.

Tim peneliti dari Amerika Serikat, Belgia, Belanda dan Australia berpikir mereka tahu bagaimana dua spesies Laba Laba Terkecil di dunia merak mini (Maratus robinsoni dan Maratus chrysomelas) mendapatkan pekerjaan yang mempesona. Caranya, kata para peneliti, ada dalam skala mereka.

laba laba terkecil di dunia

“M. robinsoni dan M. chrysomelas memiliki dua jenis skala perut yang berbeda secara visual: sisik warna-warni pelangi dan sisik hitam beludru,” tulis para peneliti di koran baru mereka. “Skala ini menunjukkan morfologi yang sangat berbeda: Skala hitamnya seperti sikat dan berorientasi acak, sementara sisik warna-warna pelangi lebih tertata rapi, menempel pada permukaan kutikula dan memiliki bentuk 3D yang besar.”

Para peneliti melihat lebih dekat pada skala besar dan berwarna-warni ini dengan menggunakan berbagai teknik pencitraan, untuk lebih memahami sifat pelangi pelangi permukaan yang unik. Tim menemukan bahwa setiap skala warna-warni berisi serangkaian tiga dimensi, sejajar paralel yang digunakan untuk membagi panjang gelombang cahaya yang berbeda pada sudut yang berbeda.

“Konfigurasi kisi yang unik dari setiap skala M. robinsoni membubarkan spektrum yang terlihat di atas sudut kecil, sehingga pada jarak pendek, keseluruhan spektrum yang terlihat teratasi, dan bahwa pola pelangi mikroskopis statis muncul dengan jelas,” tulis para penulis.

laba laba pelangi

Wawasan ini membuat tim berhasil membuat permukaan hamburan miniatur mereka sendiri berdasarkan pola yang sama yang terlihat pada skala Laba Laba Pelangi. Menurut sebuah pernyataan dari University of Akron (yang berpartisipasi dalam penelitian ini), pengetahuan yang terinspirasi oleh Laba Laba Terkecil di dunia ini dapat membantu mendorong batas-batas optik dan teknologi warna, terutama di mana resolusi warna skala halus diperlukan dalam paket kecil, seperti pada instrumen pada misi ruang angkasa atau sistem deteksi kimia yang dpt dipakai. Namun, masih banyak pekerjaan yang dibutuhkan agar sesuai dengan kemampuan tepat spider.

VIDEO LABA LABA PELANGI MERAK  :

“Sebagai seorang insinyur, yang saya temukan menarik tentang warna struktural Laba Laba Terkecil di dunia ini adalah bagaimana struktur kompleks yang berkembang lama ini masih dapat mengungguli rekayasa manusia,” Radwanul Hasan Siddique, seorang sarjana postdoctoral di Caltech dan rekan penulis penelitian baru tersebut, mengatakan dalam pernyataannya. “Saya bertanya-tanya bagaimana Laba Laba Pelangi menyusun pola struktural mewah ini di tempat pertama.”

Nah itu dia sekila info menarik binatang dari saya dan jangan lupa ya kalo artikelnya greget liat juga artikel artikel lainnya tentang info info menarik lainnya :V

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *